Monday, August 17, 2009

Rossi Raja di Brno

BRNO - Valentino Rossi kembali menuai hasil mengesankan di seri ke-10 MotoGP di Sirkuit Brno, Rep. Ceska, Minggu (16/8/2009). Teror mental The Doctor di empat lap terakhir, memaksa pesaing terdekat sekaligus rekan setimnya Jorge Lorenzo terjatuh. Rider andalan Fiat Yamaha ini pun melenggang mulus naik podium teratas.

Memulai start di posisi dua di belakang Dani Pedrosa yang menyodok ke posisi pertama, Rossi hanya memberikan setengah lap kepada pembalap Repsol Honda itu memimpin balapan. Pasalnya, The Doctor berhasil kembali merebut posisi pertama dari Pedrosa. Rombongan terdepan di lap pertama ini adalah Rossi, Pedrosa Lorenzo dan Toni Elias dan Andrea Dovizioso.

Memasuki lap keempat, Rossi terus melaju di depan, sementara Pedrosa mendapat ancaman ketat dari Lorenzo yang akhirnya bisa melewatinya saat memasuki tikungan. Sementara posisi Mika Kallio, pengganti Casey Stoner yang memulai lomba dari grid ke-10 tak beranjak.

Berada di posisi satu-dua, Rossi dan Lorenzo yang sejak beberapa seri terakhir selalu terlibat pertarungan sengit, kembali menyuguhkan atraksi menegangkan. Rider asal Spanyol itu terus membuntuti seniornya, sambil mencari celah untuk melewati The Doctor. Kepiawaian kedua pembalap dalam memacu motor juga membuat Pedrosa kewalahan mengejar dan harus rela tertinggal di posisi tiga dengan selisih sekira 6 detik.

Di pertengahan lomba, Rossi dan Lorenzo terus bersaing di posisi terdepan, sementara Pedosa nyaman di posisi tiga tanpa adanya gangguan pembalap lain. Pertarungan ketat justru terjadi di posisi empat, lima dan enam yang dihuni Dovi, Elias dan pembalap veteran Loris Capirossi.

Memasuki lima lap menjelang usai, pertarungan antara Rossi kontra Lorenzo kian memanas. Puncaknya terjadi saat Lorenzo berhasil melewati Rossi di sebuah tikungan. Rossi pun berusaha keras mengambil kembali posisinya guna mengamankan peringkat di klasemen.

Setelah satu lap membuntuti dan memberikan tekanan hebat kepada juniornya. Teror mental Rossi akhirnya membuahkan hasil. Lorenzo yang tampak gugup melihat The Doctor membuntinya, berusaha menutup pergerakan Rossi. Sayang, usaha Lorenzo justru berbuah malapetaka, mantan juara dunia 250cc itu terjatuh karena tak mampu mengendalikan roda depan.

Jatuhnya Lorenzo pasti menyisakan kecewa mendalam dari kubu Yamaha dan tentunya Lorenzo sendiri yang membuang poin sia-sia. Terlepas dari insiden ini, Rossi pun melejit sendirian memimpin jalannya lomba. Sementara di sis lain, insiden jatuhnya Lorenzo menguntungkan Pedrosa yang tak perlu bersusah payah mengejarnya untuk mengamankan posisi runner-up.

Insiden ini juga menyisakan sukacita bagi Dovi, Elias dan Capirossi yang kini semakin bersemangat untuk memperebutkan podium terakhir (posisi tiga). Pada empat lap terakhir, pertarungan ketiganya kian seru. Elias sempat mencuri posisi Dovi namun berhasil kembali direbut tandem Pedrosa ini.

Pada lap terakhir, nasib nahas dialami Kallio. Rider yang menggantikan Stoner ini mengalami kecelakaan dengan Marco Melandri. Kedua pembalap ini pun terlempar dari motor. Akibat kecelakaan ini, keduanya sempat beradu argumen di gravel.

Sayang, usaha Dovi harus sia-sia, setelah di satu tikungan Elias benar-benar melewatinya dan mencuri posisi tiga. Di lap akhir balapan, Rossi tak terbendung meraih kemenangan ke-103 dan semakin mendekatkannya pada rekor Giacomo D'Agostini yang menorehkan 122 kemenangan.

Posisi dua ditempati Pedrosa diikuti Toni Elias yang berhasil mempertahankan posisinya dari kejaran Doviziso dan Capirex yang akhirnya harus puas di posisi empat dan lima. Nicky Hayden mencatat hasil lumayan dengan merebut posisi enam, diikuti Colin Edwards, Alex de Angelis, James Toseland dan Randy de Puniet di posisi sepuluh.

Dengan hasil ini, Rossi pun makin mantap merajai klasemen sementara. Juara bertahan asal Italia ini mengumpulkan poin 212 atau unggul 50 poin atas rival terdekatnya Jorge Lorenzo yang pastinya menyesalkan egonya hingga membuatnya terjatuh. Stoner yang harus absen di tiga seri masih berhak menduduki posisi tiga dengan 150. Namun posisi juara dunia 2007 itu terancam diambilalih Pedrosa yang menempati posisi empat dengan selisih 15 poin (135).

Hasil lengkap MotoGP Rep. Ceska, Minggu (16/8/2009):
Pos - Pmblp - Tim - Wak
1. Valentino Rossi Yamaha 43:08.991
2. Daniel Pedrosa Honda HRC 43 :20.757
3. Antonio Elias Honda Gresini 43:29.747
4. Andrea Dovizioso Honda HRC 43:30.409
5. Loris Capirossi Suzuki 43:30.529
6. Nicky Hayden Ducati 43:34.535
7. Colin Edwards Yamaha Tech3 43:34.667
8. Alex De Angelis Honda Gresini 43:43.100
9. James Toseland Yamaha Tech3 43:44.608
10. Randy De Puniet Honda LCR 43:48.815
11. Chris Vermeulen Suzuki 43:49.767
12. Niccolo Canepa Ducati Pramac 43:59.652
13. Gabor Talmacsi Honda Scot 44:08.179
Out:
Jorge Lorenzo Yamaha (18 lap)
Marco Melandri Hayate (22 lap)
Mika Kallio Ducati (22 lap)

No comments:

Post a Comment