Monday, July 20, 2009

Rossi Samai Rekor Agostini


SACHSENRING - Valentino Rossi menuntaskan ambisinya naik podium pertama pada GP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Minggu (19/7/2009) malam. Pertarungan sengitnya dengan rekan setim Jorge Lorenzo membawa The Doctor menyamai rekor legenda MotoGP Giacomo Agostini yang berhasil naik podium sebanyak 159 kali.

Lap pembuka lomba langsung di warnai dengan kecelakaan yang menimpa Randy De Puniet. Rider tim LCR Honda itu terpaksa keluar dari balapan lebih cepat saat lomba belum genap satu lap. Pembalap Prancis itu gagal mengendalikan motor saat keluar dari tikungan. Beruntung, pembalap Ducati Marlboro, Casey Stoner yang berada di belakangnya mampu menghindar.

Di awal lomba, pertarungan ketat sempat terjadi antara Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo dalam memperebutkan posisi empat. Barisan depan diwarnai pertarungan ketat empat favorit juara seperti Valentino Rossi (1), Dani Pedrosa (2), Stoner (3) dan Lorenzo (4). Namun, memasuki lap keempat Stoner bangkit dan melewati Pedrosa dan kemudian Rossi dua lap berikutnya untuk kemudian memimpin jalannya lomba.

Di barisan kedua, pertarungan juga tak kalah seru saat Lorenzo melewati Pedrosa di lap ke delapan. Hingga lap ini (8), urutan pembalap antara lain: Stoner, Rossi, Lorenzo dan Pedrosa. Namun, Stoner hanya mampu menunjukkan keperkasaannya hingga pertengahan lomba.

Penyakit misterius yang masih membekapnya atau mungkin faktor teknis motor membuat rider Australia itu harus mengembalikan posisi terdepan kepada The Doctor di lap ke-16. Satu lap berikutnya, Stoner yang semakin melemah kembali berhasil dilewati dengan mudah oleh Lorenzo. Posisi di pertangahan lomba: Rossi (1), Lorenzo (2), Stoner (3) dan Pedrosa (4).

Pertarungan sengit antar pembalap baru benar-benar terjadi di lima menit menjelang lomba usai (lap 25), di mana Lorenzo yang terus membuntuti Rossi sejak lap ke-17 berhasil mendahului seniornya itu dan mengambil tampuk pimpinan lomba. Nah, pada saat bersamaan, Pedrosa juga berhasil mempecundagi Stoner di posisi tiga yang kecepatannya terus melemah.

Di lima lap tersisa, pertarungan antara dua kandidat kuat juara musim ini yakni Rossi dan Lorenzo tak terelakkan. Duo FIAT Yamaha itu silih berganti saling memimpin lomba. Namun, faktor mental dan pengalaman tampak sangat berperan dalam duel rekan satu tim ini. Lorenzo yang sempat memimpin di lima lap akhir dari total 30 lap, harus mengakui ketangguhan seniornya setelah Rossi kembali melewatinya di dua lap terakhir.

Tak menyerah, di lap akhir sebelum menyentuh garis finish, Lorenzo kembali mencoba peruntungan terakhirnya untuk mengungguli Rossi. Sayang, usaha Lorenzo gagal setelah Rossi berhasil mengunggulinya dengan selisih waktu yang sangat sempit untuk kemudian mengamankan podium ke-159-nya yang sekaligus menyamai rekor pendahulunya, Giacomo D'Agostini.

Hasil akhir, Rossi pertama, diikuti Lorenzo, Pedrosa, Stoner di posisi empat. Duo Honda Gresini, Alex de Angelis dan Antonio Elias sukses menapak hasil impresif yakni finish di posisi lima dan enam. Duo Yamaha Tech3 Colin Edwards dan James Toseland juga tampil impresif dengan finish di posisi sembilan dan sepuluh. Sementara posisi tujuh dan delapan masing-masing ditempati Marco Melandri dan Nicky Hayden.

Dengan hasil ini, Rossi kian mantap di puncak klasemen pembalap dengan koleksi 176 poin. Rekan setimnya Jorge Lorenzo terus membuntuti di peringkat kedua dengan perolehan 162 poin. Peluang Stoner bersaing kian tipis setelah hanya berada ditempat ketiga dengan poin 148. Stoner kini terpaut 26 poin dari The Doctor.

Sementara di kelas 250cc, Marco Simoncelli (Gilera Metis) tampil sebagai juara setelah mengungguli Alex Debon (Aprilia Aeropuerto-Castello-Blusens) dan rival utamanya Alvaro Bautista (Mapfre Aspar Team Aprilia) di tempat ketiga. Dengan hasil ini, Simoncelli tetap duduk di posisi empat dengan poin 102, tertinggal 32 poin dari pimpinan klasemen sementara Hiroshi Aoyama dan 22 poin dari Bautista yang menduduki posisi dua.

Hasil MotoGP Jerman, Minggu (19/7/2009):
Pos - Pmb - Tim - Wak
1. Valentino Rossi FIAT Yamaha 41menit 21.769detik
2. Jorge Lorenzo FIAT Yamaha 41menit 21.868detik
3. Daniel Pedrosa Honda HRC 41menit 24.668detik
4. Casey Stoner Ducati MotoGP 41menit 31.995detik
5. Alex De Angelis Honda Gresini 41menit 43.291detik
6. Antonio Elias Honda Gresini 41menit 52.621detik
7. Marco Melandri Hayate 41menit 53.070detik
8. Nicky Hayden Ducati MotoGP 41menit 53.495detik
9. Colin Edwards Yamaha Tech3 41 menit 54.634detik
10. James Toseland Yamaha Tech3 42menit 05.695detik
11. Loris Capirossi Suzuki MotoGP 42menit 19.144detik
12. Chris Vermeulen Suzuki MotoGP 42menit 22.308detik
14. Mika Kallio Pramac Racing 42menit 25.924detik

No comments:

Post a Comment